Jelajahi 3 Destinasi Wisata Religi Utama di Cirebon!

Sebagai kota yang terletak di kawasan pesisir, Cirebon ini memiliki peranan penting dalam bidang perdagangan pada masa lampau. Dari kegiatan perdagangan itulah masuk pula kebudayaan-kebudayaan baru dari berbagai bangsa yang kemudian membentuk identitas Kota Udang ini hingga sekarang.
Masuknya kebudayaan ini juga dibarengi dengan masuknya agama dan kepercayaan yang beragam. Tempat-tempat ibadah dari berbagai etnis dan agama bermunculan dan hingga kini menyimpan banyak cerita dan keunikan tersendiri. Berikut tiga tempat ibadah yang menjadi wisata religi utama di Kota Cirebon yang bisa kamu kunjungi.
 
Kesultanan Cirebon pada masa lalu memegang peranan vital dalam syiar dan penyebaran agama Islam di Nusantara, terutama di wilayah Jawa Tengah. Ini karena Cirebon pun didirikan oleh salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Gunung Jati.
Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah masjid utama bagi trah keluarga Kasepuhan dan bagi masyarakat Cirebon pada masa kini. Didirikan pada tahun 1489 dan mendapat pengawasan langsung dari dua anggota Wali Songo, Sunan Kalijaga sebagai arsitek serta Sunan Gunung Jati sendiri, masjid ini menjadi pasangan Masjid Agung Demak.
Keunikan masjid ini adalah masih dipertahankannya corak Majapahit yang terlihat dari bahan batu merah yang mendominasi bagian luar dan dalam bangunan serta konstruksi tiang kayu jati yang berada di langit-langit. Pintu masuk menuju ruang utama masjid berjumlah sembilan, melambangkan Wali Songo, dan berukuran kecil sehingga membuat orang dewasa menunduk. Ini adalah simbol bahwa kita harus selalu merendahkan diri di hadapan Tuhan. Bersama Makam Sunan Gunung Jati, Masjid Agung Sang Cipta Rasa menjadi tempat peziarahan utama bagi umat muslim di Cirebon.jalan jalan men 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar